Implementasi pengalaman belajar.

Perbedaan Mendasar Resensi dan Sinopsis






Sesuai dengan judul tulisan ini, perbedaan sinopsis dan resensi, akan dibahas secara umum mengenai perbedaan antarkeduanya. Pengertian sinopsis (sesuai KBBI) adalah ringkasan cerita yang berisi cuplikan seluruh adegan sehingga membentuk tema cerita, sedangkan resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku. Lebih lanjut perbedaan keduanya dapat diketahui dari berberapa hal sebagai berikut.

  1.  Segi isi

    Dari segi isi, sinopsis dan resensi sudah berbeda. Sinopsis berisi ringkasan isi dari sebuah buku atau novel. Meskipun berisi ringkasan, sebuah sinopsis tetap bisa mencerminkan isi sebuah buku dengan baik. Di sisi lain, resensi berisi ringkasan atau ulasan dari pembaca tentang identitas, isi, harga, kelebihan dan kekurangan suatu buku.
    Resensi berisi ulasan atau penilaian (baik-buruk) suatu buku, sehingga semua buku bisa diresensi. Resensi mengulas buku yang baru diterbitkan. Sinopsis hanya berisi ringkasan cerita. Dengan kata lain, hanya novel atau buku yang ada unsur cerita yang ada sinopsisnya.
  2.  Tantangan menulis
    Menulis merupakan keterampilan yang cukup sulit. Terlebih bagi yang belum terbiasa melakukannya. Namun pada kegiatan menulis sinopsis dan resensi, menulis resensi memunyai tingkat tantangan yang lebih tinggi. Hal itu disebabkan peresensi harus menilai, menimbang, dan memberikan pendapatnya terhadap suatu buku, dan hasil resensi tersebut, nantinya akan menjadi titik acuan para pembaca yang ingin membaca buku tersebut. Berbeda dengan resensi, seorang pembuat sinopsis tidak perlu mengeluarkan pendapatnya tentang suatu buku, ia hanya perlu menceritakan kembali apa yang sudah ia baca kemudian diringkas.
  3.  Tujuan
    Sesuatu akan dianggap berbeda apabila memiliki tujuan yang berbeda. Misalnya gunting rambut dan gunting rumput adalah benda yang berbeda karena tujuan penggunaanya juga berbeda. Begitu pula dengan sinopsis dan resensi, dua hal ini memiliki tujuan yang berbeda. Sinopsis bertujuan meringkas sebuah buku, dengan mencatat poin-poin penting di dalamnya. Sedangkan resensi bertujuan untuk mengulas buku yang telah dibaca dengan memberikan pertimbangan tentang isi buku, kelebihan dan kelemahan buku, bahkan harga buku.
  4. Resensi dikategorikan subjektif, sedangkan sinopsis objektif Jika kita baca beberapa sinopsis buku yang sama dari orang yang berbeda, maka yang kita temukan adalah hasil yang tidak jauh berbeda. Para pembuat sinopsis akan membuat ringkasan sesuai buku yang dibacanya. Di sisi lain resensi adalah makhluk yang beda lagi jenisnya, ia sangat kental akan unsur subjektifitas pembaca. Boleh jadi sebuah buku sangat baik menurut si A, tapi biasa saja menurut si B, atau bahkan sangat buruk menurut si C.
     
    Semoga dengan penjabaran di atas dapat membantu pembaca yang sedang mencari perbedaan resensi dengan sinopsis.

 

Tag : Prosa
0 Komentar untuk "Perbedaan Mendasar Resensi dan Sinopsis"

Puisi Siswa: Hujan Karya Ghiffari Ramadhan MB

Hujan Karya: Ghiffari Ramadhan MB Hujan... Jikalau engau turun Maka kami semua akan senang Sebagai tanda  rasa syukur kami kepada T...

Back To Top