Implementasi pengalaman belajar.

Teknik Pelukisan Tokoh Cerita Rekaan

Keberhasilan seorang pengarang dalam menyajikan cerita rekaan tercermin melalui setiap pengungkapan setiap unsur ceritanya. Satu diantaranya adalah ketepatan pelukisan tokoh cerita, baik watak, pribadi, dan rupa sang tokoh tergambar sedemikian rupa dapat berterima oleh penikmat sastra dan/ atau pembaca. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara pengarang melukiskan watak tokoh tersebut? Pastinya setiap pengarang memiliki imajinasi, fantasi, dan kreatifitas tersendiri. Hal itu dapat terlihat dengan cara sebagai berikut.

  1. Pengarang secara langsung melukiskan bentuk lahir tokoh, seperi raut wajah, bentuk tubuh, rambut, dll. 
  2. Pengarang melukiskan jalan pikiran tokoh atau yang terlintas dalam pikirannya, seperti seorang tokoh berkeinginan menjadi seorang pemimpin Negara. 
  3. Pengarang melukiskan lewat reaksi tokoh terhadap kejadian baik yang dialami maupun tidak. 
  4. Pengarang melukiskan keadaan sekitar tokoh. Hal ini berkaitan erat dengan latar tokoh. Misalnya, keadaan kamar tokoh yang kotor mencerminkan seorang tokoh yang malas, jorok, dll. 
  5. Pengarang melukiskan pandangan seorang tokoh terhadap tokoh lain. 
  6. Pengarang melukiskan atau menciptakan dialog antar tokoh tentang keadaan, watak, atau pribadi tokoh lain. 
Teknik penggambaran tokoh menurut Altenbernd dan lewis (dalam  Wahyuningtyas dan Wijaya, 2011: 04) mengatakan sebagai berikut.
  1. Secara analitik; adalah pelukisan tokoh cerita yang dilakukan dengan memberikan deskripsi, uraian, dan penjelasan secara langsung. 
  2. Secara dramatic; adalah penggambaran watak secara tidak langsung. Hal ini dapat diketahui melalui (a) dialog atau cakapan antar tokoh, (b) tingkah laku, (c) pikiran dan perasaan tokoh, (d) arus kesadaran, (e) reaksi tokoh, (f) reaksi terhadap tokoh lain, (g) pelukisan latar, dan (h) pelukisan fisik.
Dengan demikian, penokohan berarti perwujudan dan pengembangan dari watak atau sifat seorang tokoh dalam cerita rekaan. Tokoh itu sendiri berarti individu rekaan yang ada di dalam cerita rekaan. Antara tokoh dan penokohan erat kaitannya dangan pesan moral dan bahkan spiritual yang sengaja disampaikan pengarang kepada pembaca melalui hasil karyanya.
Tag : Prosa
0 Komentar untuk "Teknik Pelukisan Tokoh Cerita Rekaan"

Puisi Siswa: Hujan Karya Ghiffari Ramadhan MB

Hujan Karya: Ghiffari Ramadhan MB Hujan... Jikalau engau turun Maka kami semua akan senang Sebagai tanda  rasa syukur kami kepada T...

Back To Top