Implementasi pengalaman belajar.

Penggunaan kata pagi, siang, sore, dan malam dalam kalimat sapaan


Dalam bahasa Indonesia sering kita menyebut kata yang mengacu waktu tertentu dengan sebutan pagi, siang, sore, dan malam. Tanggapan orang-orang mengenai pengertian sebutan tersebut kadang berbeda-beda. Hal itu terlihat pada keberagaman batasan yang diberikan oleh setiap lembaga pendidikan. Sebagai data empiris, ketika di sekolah pukul 09.30, peserta didik mendengar bunyi bel tanda pulang sekolah, yang sering kita dengar peserta didik berteriak gembiri dengan mengucap,”Pulang pagi...”. Di sisi lain, ketika di rumah, seorang ibu membangunkan anaknya pukul 07.00 dengan mengucap,”Nak, bangun, sudah siang”.
Kata pagi bermakna waktu menjelang matahari terbit atau saat mulainya hari. Rumusan lain yang dapat ditemukan adalah saat matahari terbit sampai pukul 09.00 atau pukul 10.00. Dapat disimpulkan bahwa pagi adalah bagian akhir dari malam dan bagian awal dari siang.

Kata siang bermakna saat matahari terbit sampai matahari terbenam atau dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00. Siang biasanya dipakai sebagai pasangan kontras malam. Kata malam bermakna saat matahari terbenam sampai matahari terbit atau dari pukul 18.00 sampai dengan pukul 06.00.

Kata sore bermakna saat sesudah tengah hari sampai saat matahari terbenam atau dari pukul 14.00 sampai dengan 18.00. Khusus saat menjelang matahari terbenam atau dari pukul 16.00 sampai dengan 18.00, biasanya kita menyebutnya petang. Dengan demikian, petang adalah bagian akhir dari sore dan sore adalah bagian akhir dari siang.

Uraian di atas menjelaskan pengertian kata-kata yang mengacu bagian hari dikaitkan pada dua hal, yakni (1) keadaan alam (ada tidaknya matahari atau keadaan terang dan gelap), dan (2) jam yang menjadi penunjuk waktu. Dua tolok ukur tersebut dapat menjadi perbedaan persepsi.


Pada dasarnya, fungsi sapaan memang bukan untuk menginformasikan makna yang terkandung pada kata-kata yang dipakai, melainkan menciptakan suasana keakraban antar penutur dan lawan tutur.
Tag : Linguistik
0 Komentar untuk "Penggunaan kata pagi, siang, sore, dan malam dalam kalimat sapaan"

Puisi Siswa: Hujan Karya Ghiffari Ramadhan MB

Hujan Karya: Ghiffari Ramadhan MB Hujan... Jikalau engau turun Maka kami semua akan senang Sebagai tanda  rasa syukur kami kepada T...

Back To Top