Implementasi pengalaman belajar.

Fungsi VO2 Max Pemain Sepakbola



Berbicara sepakbola, identik dengan skor, kemenangan, pemain, dan juga tim. Sepak bola juga berbicara tentang menang dan kalah. Menang dan kalah tidak ditentukan oleh pemain yang hebat, tetapi tim yang hebat. Dalam satu tim yang terdiri atas sebelas pemain, kadang ada pergantian. Pergantian pemain dapat dilakukan atas dasar pertimbangan pelatih yang menilai pemainnya sudah layak untuk diganti atau tidak. Bisa jadi pemain yang diganti sedang tidak dalam kondisi prima atau cidera di lapangan saat bermain. Namun kebanyakan pemain yang digantikan karena stamina yang dimilikinya sudah mulai habis.
Selama 90 menit waktu normal, pemain sepakbola berlari menggiring bola. Ada pemain yang memiliki daya tahan tubuh di atas rata-rata dari pemain bola lainnya, sehingga pemain dapat mengontrol diri dalam penguasaan bola. Aja guga pemain yang daya tahan tubuhnya di bawah rata-rata, memungkinkan pemain tersebut cepat lelah dan tidak sampai 90 menit waktu normal berada dalam lapangan. Penyebab hal itu adalah setiap pemain memiliki VO2 Max yang berbeda.
VO2 Max adalah kapasitas maksimum dari tubuh seseorang untuk mengangkut dan mengguna-kan oksigen selama latihan tambahan, yang mencerminkan kebugaran fisik individu. Nama ini berasal dari V – Volume , O 2 – oksigen , max – maksimum. Dengan kata lain, VO2 Max merupakan konsumsi oksigen secara maksimal oleh seseorang.

Dalam olahraga daya tahan merupakan komponen penting dalam kinerja, misalnya sepak bola. Oleh karena itu, pemain yang daya tahan tubuhnya tinggi berarti VO2 Max yang tercatat juga tinggi. Cristiano Ronaldo, tercatat memiliki VO2 Max tertinggi dari pemain bola lainnya, hal itu yang membuat ia, selama 90 menit waktu normal masih dapat berlari, men-dribling bola, mengumpan dengan akurasi tinggi, dan mampu mencetak gol.
Pemain sepakbola yang masuk ke dalam Timnas U19 yang memiliki VO2 Max tertinggi adalah Evan Dimas, kapten tim Garuda Muda. Ia memiliki VO2 Max 60, tertinggi dari pemain lain yang rata-rata memiliki VO2 Max 57. Dengan modal fisik yang prima, ucap Indra (Pelatih Timnas U19), Evan tidak kesulitan untuk menjelajahi area lawan. Indra menganalogi Evan seperti sebuah mobil yang mempunyai tanki bensin yang besar. “Bensinnya tidak boros dan cara membawanya juga benar,” ujar Indra.

Tag : Olahraga, Umum
0 Komentar untuk "Fungsi VO2 Max Pemain Sepakbola"

Puisi Siswa: Hujan Karya Ghiffari Ramadhan MB

Hujan Karya: Ghiffari Ramadhan MB Hujan... Jikalau engau turun Maka kami semua akan senang Sebagai tanda  rasa syukur kami kepada T...

Back To Top