Implementasi pengalaman belajar.

Kata Baku Sholat



Bila diperhatikan secara saksama, penggunaan kata ‘salat’ sering dituliskan secara berbeda. Ada sebagian orang menuliskan dengan bentuk ‘shalat’ dan aja juga yang menulis ‘sholat’. Menjadi sebuah pertanyaan dalam benak kita, lalu bagaimana sesungguhnya penulisan yang tepat dari kata salat?
Salat adalah rukun Islam yang kedua, berupa ibadah kepada Allah swt; dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Salat, merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab. Kata tersebut, sudah diadaptasikan ke dalam kosakata bahasa Indonesia. Oleh karena itu, apabila sudah menjadi ‘warga’ kosakata bahasa Indonesia ditulis dengan kaidah penulisan yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Sebaliknya, suatu kata Arab yang belum menjadi kata bahasa Indonesia sebaiknya ditulis mengikuti Pedoman Transliterasi Arab-Latin.
Ada beberapa alasan yang menguatkan bahwa kata salat berasal dari bahasa Arab sudah diindonesiakan. Alasan tersebut adalah kata itu sudah dikenal secara luas dan sudah tercantum ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sebagai kata yang sudah diindonesiakan, hendaknya penggunaan kata salat tidak ditulis shalat atau sholat.
Ada empat bunyi dalam pedoman ejaan yang sudah dikenal yang keempat itu dilambangkan dengan dua huruf, yaitu (kh), (sy), (ng), dan (ny). Dengan demikian, lazimnya mengeja kata serapan dari bahasa Arab yang mengandung huruf (sad) ص dalam bahasa Indonesia menjadi (s).

Perhatikan contoh berikut.
صحا بة      sahabat
صا لح        salih
مصيبة        musibah
انصا ف      insaf
Dari beberapa contoh di atas, Nampak jelas bahwa huruf sad dalam bahasa Arab menjadi s dalam bahasa Indonesia. Tidak lazim atau tidak pernah menemukan kata shahabat, shalih, mushibah, dan inshaf. Demikian sedikit informasi yang penulis berikan. Semoga bermanfaat.
Tag : Linguistik
0 Komentar untuk "Kata Baku Sholat"

Puisi Siswa: Hujan Karya Ghiffari Ramadhan MB

Hujan Karya: Ghiffari Ramadhan MB Hujan... Jikalau engau turun Maka kami semua akan senang Sebagai tanda  rasa syukur kami kepada T...

Back To Top